Brebes Belajar ke Batang Soal DRD dan Jurnal Penelitian

BATANG - Beberapa waktu lalu, Bidang Litbang Baperlitbang Kabupaten Brebes berkunjung ke Batang. Kunjungan dipimpin oleh kepala bidang Litbang Baperlitbang Brebes Ir. Titi Yuliati, M.si. Tujuannya untuk belajar tentang pembentukan Dewan Riset Daerah (DRD) dan Penerbitan Jurnal Penelitian. Salah satu alasannya adalah Brebes belum memiliki DRD dan Jurnal Penelitian yang dikelola oleh Pemkab. Acara berlangsung di Ruang Sigandu pada Bappelitbang Kabupaten Batang.


Titik didampingi dua kasubid serta dua orang staf. Rombongan ditemui oleh Kabid Litbang Bappelitbang sekaligus Wakil Sekretaris DRD, Heru Wibowo, S.Sos, MM, didampingi Sekretaris DRD Drs. Y. Anggoro T, M.Eng dan kasubid bidang Litbang. Brebes tertarik belajar ke Batang karena Batang dipandang lebih maju dalam hal kelitbangan seperti sudah adanya DRD dan Jurnal penelitian.


“Hal-hal yang ditanyakan menyangkut pembentukan DRD meliputi aspek SDM, kelembagaan, pembiayaan, dan administrasi pengelolaan. Sedangkan proses penerbitan jurnal riset meliputi aspek personil, pembiayaan, dan manajemen,“ kata Heru.


Lebih lanjut Heru menjelaskan, dengan mulai diberlakukannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang didalamnya mengatur tentang perlunya lembaga litbang disamping lembaga perencanaan, maka keberadaan lembaga riset seperti DRD dianggap sangat penting. DRD bisa menjadi mitra Baperlitbang dalam hal penelitian, pengkajian dan pengembangan untuk mendukung perencanaan pembangunan daerah.


”Setelah DRD terbentuk, banyak yang bisa dilakukan dengan adanya DRD seperti menyusun jurnal penelitian, riset tematik, lomba riset, diseminasi hasil riset dan lain sebagainya,” tambah heru.


Saat ini di Jawa Tengah baru 11 kabupaten/kota yang sudah mempunyai DRD, termasuk Kabupaten Batang. Baru-baru ini Kabupaten Cilacap juga belajar tentang DRD ke Kebumen, Kabupaten Semarang langsung belajar ke DRD provinsi, dan lain sebagainya.


Kabid Litbang Baperlitbang Brebes, Titi, berharap setelah menimba pengalaman di Batang ini akan segera melakukan pembentukan DRD di Brebes dengan melibatkan para dosen yang tinggal di Brebes. Terlebih di Brebes sudah ada beberapa perguruan tinggi sehingga akan lebih memudahkan dalam proses pembentukan DRD. (tyo)

Bagikan ke Jejaring Sosial