Lagi, Kabupaten/Kota Lain Belajar DRD ke Batang

BATANG – Kali ini giliran Kabupaten Pemalang Studi Banding ke Batang beberapa hari kemarin. Kunjungan tersebut dalam rangka studi terkait SIDa dan Dewan Riset Daerah (DRD). Rombongan diterima oleh Kabid Litbang Bapelitbang Kabupaten Batang, Heru Wibowo, S.Sos, MM, di Ruang Sigandu, Bapelitbang.

Titin, Kepala UPT Litbang Bappeda Kabupaten Pemalang selaku ketua rombongan mengungkapkan bahwa Batang adalah salah satu kabupaten yang sudah memiliki SIDa dan berhasil membentuk DRD.

“Kami perlu belajar menyusun SIDa dan membentuk DRD. Itulah mengapa kami datang ke sini,” jelas Titin.

Sebelumnya, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Brebes juga belajar tentang pembentukan DRD ke Batang. Tidak jauh berbeda dari kabupaten/kota sebelumnya, hal yang dibahas meliputi aspek SDM, kelembagaan, pembiayaan dan administrasi pengelolaan. Baik pada kelembagaan DRD itu sendiri maupun Dewan Redaksi yeng mengelola Jurnal Penelitian DRD, RISTEK.

Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya oleh Heru, bahwa DRD bisa menjadi mitra Bapelitbang dalam hal penelitian, pengkajian dan pengembangan untuk mendukung perencanaan pembangunan daerah. Posisi DRD yang sangat strategis juga sangat membantu dalam hal perumusan kebijakan daerah.

“Posisi DRD sangat strategis karena berada langsung di bawah Bupati,” ujar Heru.

DRD dibentuk guna membantu kepala daerah dalam melaksanakan tugasnya. Sepulang dari Batang, diharapkan Pemalang segera membentuk DRD untuk memperkuat lembaga kelitbangannya. (tyo)

Bagikan ke Jejaring Sosial