Bapelitbang Kembali Menjadi Tujuan Kabupaten/Kota Lain

BATANG – Kembali, Bapelitbang mendapat kunjungan dari kabupaten/kota lain, kali ini adalah Kabupaten Wonosobo. Dipimpin oleh Kabid Litbang Bappeda Kabupaten Wonosobo, Fahmi, rombongan berjumlah lima orang. Tidak jauh berbeda dari kabupaten/kota lain, kunjungan terkait SIDa dan Dewan Riset Daerah (DRD). Rombongan diterima oleh Kabid Litbang Bapelitbang Kabupaten Batang, Heru Wibowo, S.Sos, MM, Kamis (23/3), di Ruang Kepala Bapelitbang.

Untuk ke-empat kalinya, Bapelitbang mendapat kunjungan dari kabupaten/kota lain terkait hal yang sama, yaitu DRD. Sebelumnya, Kendal, Brebes, Pemalang, sudah lebih dulu belajar, dan kali ini adalah Wonosobo. Diungkapkan oleh Heru bahwa tren studi banding ramai setelah DRD Kabupaten Batang menjadi tuan rumah Rakor DRD se-Jawa Tengah 2016 kemarin. 

Fahmi mengungkapkan bahwa Wonosobo melirik Batang karena berhasil membentuk DRD. Apalagi di usia yang muda sudah berhasil menjadi tuan rumah Rakor. “Maka, kami perlu belajar dari Batang,” paparnya.

Tema yang diusung pun tidak jauh berbeda dengan kabupaten/kota lain, yaitu mengenai pengelolaan, SDM, dan administrasi. Selain itu, pembuatan jurnal juga menjadi fokus rombongan dari Wonosobo tersebut. Karena jurnal yang dikelola DRD Kabupaten Batang baik cetak maupun elektronik keduanya sudah ber-ISSN.

Perlu ditekankan kembali bahwa dibentuknya DRD adalah untuk membantu merumuskan kebijakan pemerintah daerah. Walaupun di luar itu terdapat banyak program kegiatan yang dapat direncanakan. Tentu tidak hanya sekadar membentuk, tetapi juga keberlanjutannya, bagaimana peran DRD ke depan guna membantu pemerintah daerah. (tyo)

Bagikan ke Jejaring Sosial